Senin, 21 Januari 2013

Tangkal Flu dengan Bawang Putih

Flu menjadi penyakit langganan saat musim hujan tiba. Untuk mencegahnya, rutinlah untuk mengonsumsi bawang putih.

Peneliti di University of Maryland mengklaim mengonsumsi bawang putih mentah merupakan cara tradisional dalam memerangi risiko terkena virus flu saat suhu dingin.

Bahkan, mengonsumsi bawang putih mentah juga membantu mengurangi lamanya durasi saat Anda telah terkena flu.

"Allion dan Allicin, zat kimia yang terkandung di bawang putih bersifat anti-bakteri dan anti-jamur," ungkap Helen Bond, ahli diet.

Bryan Rade, dokter naturopati dari Nova Scotia, Kanada, menyarankan untuk mengunyah sesiung bawang putih mentah setiang tiga atau empat jam sekali selama musim flu, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah virus flu masuk ke tubuh.

"Jika tak tahan dengan rasa dan baunya, coba potong kecil-kecil dan menelannya seperti saat Anda minum obat. Atau, mencampurkan dengan madu juga dipersilahkan, karena madu juga terkenal sebagai anti-virus," sarannya.

Meskipun begitu, menurut University of Maryland Medical Center, mengonsumsi bawang putih dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko pendarahan karena kemampuannya mencegah pembekuan darah. Jadi tidak disarankan bagi yang sedang mengonsumsi obat untuk pendarahan, ibu hamil dan menyusui.

Like This..?? Share This Article..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar