Jumat, 25 Januari 2013

Tak Dirawat 40 Tahun, Tanaman Ini Tetap Tumbuh



Tukang kebun bernama David Latimer, berhasil menciptakan percobaan yang sangat menakjubkan. Ia membuat taman kecil yang ditaruh di dalam botol, setelah 40 tahun ternyata taman itu tumbuh subur meskipun tidak pernah disiram.

David, ingin menguji sebuah teori di mana sebuah tanaman dapat bertahan di lingkungan tanpa diberi air. Ia menaruh empat bibit tanaman di dalam botol itu. Tiga dari empat bibit itu telah mati, namun bibit dari tanaman yang biasa disebut Spiderworts atau Tradescantia ini terus tumbuh meski tanaman ini tidak dirawat.


Still going strong: Pensioner David Latimer from Cranleigh, Surrey, with his bottle garden that was first planted 53 years ago and has not been watered since 1972 - yet continues to thrive in its sealed environment

"Saya memulai menananmnya pada tahun 1960. Saya punya ide ini karena ingin melihat apakah tanaman bisa bertahan dalam lingkungan yang terisolasi,” ungkap David. Demikian dikutip dari Mirror, Jumat (25/1/2013).

“Ini adalah sebuah percobaan untuk melihat berapa lama tanaman-tanaman itu akan bertahan. Tanaman Tradescantia terus tumbuh sampai memenuhi botol. Padahal saya hanya menyiramnya dua kali pada awal 1970,” tambah pensiunan insinyur listrik ini.

Untuk bertahan hidup, tanaman itu menyerap energi surya dari sinar matahari, dan air yang dihasilkan dari kelembaban karbon dioksida dan nutrisi dihasilkan dari daun-daun yang telah membusuk. Proses ini juga bisa menghasilkan oksigen.


Lush: Just like any other plant, Mr Latimers's bottled specimen has survived and thrived using the cycle of photosynthesis despite being cut off from the outside world

Habitable zone: The spot under the stairs where Mr Latimer has kept the bottle garden for the past 27 years

sumber | iniunic.blogspot.com | http://international.okezone.com/read/2013/01/25/214/751648/tak-dirawat-40-tahun-tanaman-ini-tetap-tumbuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar