Sabtu, 26 Januari 2013

'Keluarga Pelangi' Memiliki Anak dengan Warna Kulit Berbeda-beda



Biasanya seorang anak akan memiliki warna kulit yang sama seperti orang tuanya. Tapi di Inggris, ada keluarga multikultural yang memiliki 4 anak dengan warna kulit berbeda, karenanya disebut dengan keluarga pelangi.

Chris Giddings (33 tahun) dan Tess (24 tahun) terkejut ketika anak pertama Jacob (6 tahun) dan anak kedua Savannah (4 tahun) memiliki kulit seperti buah zaitun, namun anak ketiganya Amiah (3 tahun) berkulit putih dan bermata biru, sedangkan anak keempatnya Zion (10 bulan) berkulit gelap seperti ayahnya.

Jacob dan Savanah dilahirkan di Southend University Hospital, keduanya memiliki ras campuran dengan warna mata hijau-biru, rambut keriting dan kulit seperti buah zaitun.


Melting pot: Chris and Tess Giddings with, from left, Jacob, Amiah, Savannah and Zion


 

Sedangkan Amiah yang lahir di Colchester General Hospital berkulit putih dengan mata biru dan rambut pirang lurus, untuk Zion berkulit hitam dan memiliki fitur seperti ayahnya.

Chris seringkali bercanda dengan mengatakan keluarganya seperti sekotak coklat yang mana di dalamnya ada yang berwarna gelap, ada yang cokelat dan ada yang putih.

"Kami terkejut ketika Amiah lahir, karena dia begitu putih. Kami sempat menjalani tes DNA untuk memastikan ia tidak tertukar dengan bayi lain di bangsal bersalin," ujar Tess, seperti dikutip dari The Sun, Rabu (16/1/2013).

Keraguan pun sempat muncul dibenak Chris, tapi hasil tes DNA menghapus semua keraguan tersebut karena menunjukkan Amiah 100 persen anaknya, meski ia terlihat berbeda dari yang lain.




Taking after mum: Amiah as a babyJust like dad: Dark-skinned Zion

Dark-skinned Zion (left) is just like his father while Amiah (right) has taken after her mother



Lalu ketika Zion lahir, ia muncul dengan kulit cokelat gelap, bibir tebal dan hidung menonjol seperti ayahnya. Meski cukup terkejut dengan warna kulit yang berbeda, tapi keluarga ini merasa bersyukur karena memiliki anak lengkap dengan berbagai warna kulit.

"Orang-orang menanyakan apakah anak-anak ini memiliki 3 ayah yang berbeda. Kami mengatakan gen saya lebih kuat di Amiah dan Chris lebih kuat di Zion, sedangkan anak pertama dan kedua lebih kepada campuran kedua gen," ungkap Tess.

Tess menuturkan bahwa ia dan keluarganya seringkali mendapatkan ekspresi lucu dan aneh dari orang-orang asing yang melihatnya. Tapi ia mengaku senang dan mengatakan bahwa keluarganya tidak pernah mengalami rasisme.


'It's so nice having children who are all a bit different. They are all gorgeous and we love them all the same', said Tess Giddings 

 
Para ahli menjelaskan bahwa warna kulit yang dimiliki seseorang cenderung dikendalikan oleh beberapa gen. Kebanyakan orang kulit putih membawa 1-2 gen kulit gelap dan sebagian besar orang kulit hitam membawa 1-2 gen kulit terang.

Bila salah satu orang tua berkulit hitam dan yang satunya putih, biasanya anak akan memiliki warna kulit campuran. Tapi akan jadi kesempatan langka untuk memiliki anak dengan warna kulit beragam, meski tetap masuk akal.


sumber | iniunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/01/16/162735/2144049/763/keluarga-pelangi-memiliki-anak-dengan-warna-kulit-berbeda-beda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar