Rabu, 23 Januari 2013

Bumi Dimasa Lalu Dan Dimasa Depan


Jika benar apa yang telah diperhitungkan oleh pakar-pakar geologi, 250 juta tahun kedepan benua-benua akan kembali menjadi satu. Menjadi benua besar seperti kembali 255 juta tahun yang lalu yaitu benua Pangea.

Dari mana pakar geologi tahu bentuk bumi masa depan?

Tentunya untuk membuat model bumi masa depan jelas harus diketahui kecepatan dari pergerakan kerak-kerak bumi ini terlebih dahulu, kemudian masing-masing kerak lempengan saling bertabrakkan.



Diatas itu gambar yang menunjukkan peta kecepatan masing-masing lempengan tektonik yang ada di bumiini.

Lihat panjang dari anak panah menunjukkan kecepatannya. Semakin panjang semakin cepat jalannya. Lempengan IndoAustalia bergerak dengan kecepatan 7-8 cm pertahun kle arah Timur laut. sedangkan Eurasia bergerak ke timur. Terlihat bahwa ada tubrukan kalau arahnya berbeda. Tubrukan lempeng inilah yang menyebabkan gempa. Dengan bermodalkan rupa bumi saat ini beserta kecepatan gerakan benua-benua masa kini tentunya dapat dibuat model benua bumi dimasa mendatang.

Pangaea atau Pangea (Pan berarti keseluruhan, seluruh dan Gaia berarti Bumi dalam Bahasa Yunani Kuno) adalah Superbenua yang sangat besar pada zaman Paleozoikum dan Mesozoikum sekitar 250 juta tahun yang lalu, sebelum akhirnya terbelah atau terpecah menjadi beberapa potong benua atau lempeng lalumenyebar ke seluruh permukaan bumi.

Berikut adalah gambaran-gambaran bumi dari pertama kali permukaan tebentuk, hingga masa depannya. (sesuai urutan)



Precambrian




Cambrian



Ordovician




Silurian




Devonian


Like This..?? Share This Article..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar