Senin, 21 Januari 2013

Ada Rambut di Bola Mata Pria Ini



London - Rambut atau bulu biasanya tumbuh di kepala, dada, ketiak, dan kaki. Namun, bagi pria asal Iran ini, ada rambut yang muncul pada tempat yang tak wajar, yakni di bola matanya.

Menurut New England Journal of Madicine, bola mata kanan pria 19 tahun itu mengidap kista. Di sana terkandung dermoid limbal atau jaringan kulit yang bisa menjadi tempat tumbuhnya rambut, tulang rawan, kelenjar keringat, bahkan gigi.

"Ukuran kista itu sekitar 6 milimeter," demikian ditulis jurnal yang dikutip situs Daily Mail, Kamis, 3 Januari 2013. 
Awalnya, kista itu berukuran lebih kecil. Namun lambat laun ia membesar. 

Kini, rambut dan kista pada mata pria itu telah mengganggu aktivitasnya. Mengusiknya kala berkedip dan mengurangi daya pengelihatan. Kemampuan melihat mata kirinya 20/20, sedangkan mata kanannya 20/60.

"Meski tidak menimbulkan rasa sakit, kista serta rambut itu sudah menimbulkan cacat pengelihatan," seperti disebutkan Daily Mail. "Karenaitu, harus dioperasi."

Seorang profesor klinis dari Indiana University Scool of Optomery, Dr Richard Meets, mengatakan ukuran kista berbulu ini dua kali lebih besar dibanding dermoid limbal. Jaringan dermoid limbal itu sendiri adalah kasus langka. Hanya terjadi pada satu orang dari 10 ribu pasien kista. 

"Sepanjang karier, saya melihat 100-an kasus dermoid limbal pada kista," ujar Meets. "Tapi biasanya, kista berkembang di rahim, bukan di mata."


Like This..?? Share This Article..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar